Sabtu, 20 Oktober 2012

Sejarah Batik Melayu Riau



           Batik Riau telah ada sejak lama sekitar tahun 1985, namun perkembangannnya tidak sepopulerbatik-batik yang ada di daerah Jawa. Tapi meski begitu batik Riau justru memilikikeunikan dan kekhasan yang sangat indah dan langka. Namun dengan adanya pengakuan batik sebagai warisan budaya Nusantara maka batik Riau pun ikut berkembang dan semakin dikenal oleh masyarakat luas.
batik ikan tamban

Motif batik Riau memiliki keunikan dan kekhasan yang berbeda dengan motif batikdaerah lainnya, selain itu corak atau motifbatik Riau juga hampir mirip dengan kebudayaan luar seperti kebudayaan Melayu Malaysia dan Singapura.
Motifnya sangat unik yaitu berbentuk garis memanjang seperti tabir, dan motif ini selalu ada pada setiap helai batik buatan Riau, sehingga batik Riau lebih dikenal dengan nama Batik Tabir.

Selain memiliki motif yang unik batik Riau juga memiliki teknik yang berbeda dengan pembuatan batiklainnya, seperti dalam teknik pewarnaan, para pengrajin batik Riau menggunakan teknik pencelupan dalam pewarnaan, dan untuk mendapatkan warna yang beragam para pengrajin harus mencelupkankain batiknya beberapa kali. dan untuk mendapatkan warna yang diinginkan para pengrajin batik Riau juga menggunakan teknik kuas atau lukis. Sedangkan motif batik Riau dibuat dengan menggunakanmotif sulaman tekat, teknik seperti saat ini sudah mulai jarang dan hampir punah, hal ini dikarenakan tradisi membatik di tanah melayu Riau sangat jarang tidak seperti tradisi membatik di daerah Jawa yang sudah menjadi kegiatan yang rutin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar