Tahun 1975 merupakan awal
perjalanan usaha PT Infomedia Nusantara menjadi perusahaan pertama penyedia
layanan informasi telepon di Indonesia. Di bawah subdivisi Elnusa GTDI dari
anak perusahaan Pertamina, Infomedia telah menerbitkan Buku Petunjuk Telepon
Telkom Yellow Pages.
Perkembangan yang tercatat
selanjutnya adalah berdirinya PT Elnusa Yellow Pages di tahun 1984 yang berubah
nama di tahun 1995 menjadi PT Infomedia Nusantara pada saat PT Telkom Tbk
menanamkan investasi. Untuk mendukung implementasi Good Coorporate Governance
dalam setiap aspek kegiatan perusahaan, Infomedia telah mengeluarkan kebijakan
pedoman tata kelola perusahaan di tahun 2008.
logo telkom |
Pada tanggal 30 Juni 2009
PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) melalui PT Multimedia Nusantara (Metra),
anak perusahaan yang 99,99% milik Telkom (selanjutnya disebut Telkom Group)
telah menandatangani Shares Sales & Purchase Agreement(SPA)
untuk membeli 49% saham PT Infomedia Nusantara (Infomedia) milik PT Elnusa Tbk
(Elnusa), sehingga 100% saham PT Infomedia Nusantara telah dimiliki oleh Telkom
Group.
Saat ini, Infomedia, sesuai
dengan visinya menjadi penyedia jasa layanan informasi yang utama dikawasan
regional telah melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan visi tersebut dengan
mengoptimalkan kompetensi untuk mengambilopportunity dalam
pengembangan bisnis kedepan melalui transformasi bisnis dari 3 Pilar Bisnis (
Layanan Direktori, Layanan Contact Center dan Layanan Konten ) menuju Layanan
Outsourcing atau Business Process Outsourcing ( BPO ) dan
Layanan Konten Digital atau Digital Rich Content ( DRC ).
Layanan Outsourcing
atau Business Process Outsourcing (BPO) didefinisikan
sebagai bisnis penyediaan jasa alih-daya(outsourcing) oleh
pihak ketiga bagi perusahaan untuk satu atau beberapa fungsi bisnis dalam
jangka panjang (multi year contract). Bisnis Layanan
Outsourcing (BPO) yang telah dijalani Infomedia saat ini berbasis layanan voice yaitu
LayananContact Center baik untuk inbound maupun outbound dan non
voice seperti direct mail dan web
development. Namun saat iniInfomedia telah membagi bisnis Layanan
Outsourcing (BPO) kedepannya dalam empat kelompok berdasarkan basis layanan
yaitu: Contact Center Services, HR Services, IT Services dan Direct Mail.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar